Artikel

Home » Artikel » Ratusan Jemaah Batal Berangkat Haji Furoda, Apa Uangnya Bisa Kembali?

JAC08627-scaled

Anda Punya pertanyaan? jangan sungkan! Silahkan masukan alamat email, nama dan nomor telepon/ nomor WA di kolom bawah ini. Dan biarkan kami yang akan mengubungi anda. Data tidak akan kami publikasikan.

Invalid Email
Please check the captcha to verify you are not a robot.
628340daf1e2e

Ratusan Jemaah Batal Berangkat Haji Furoda, Apa Uangnya Bisa Kembali?

Ratusan calon jemaah haji Furoda dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci pada tahun ini, sebagaimana diungkap oleh Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi). Untuk diketahui, haji Furoda adalah program perjalanan haji yang tidak memanfaatkan kuota haji reguler dari Pemerintah Indonesia. Melainkan dengan Program Haji Mujamalah, dengan kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi. Berbeda dengan haji reguler, jemaah haji Furoda tidak perlu mengantre bertahun-tahun.

Meski demikian, dana haji Furoda jauh lebih mahal dari biaya perjalanan reguler. Biaya perjalanan haji Furoda mencapai sekitar Rp 250 juta per orang. Alasan calon jemaah haji Furoda batal berangkat Kepastian batalnya pemberangkatan calon Jemaah haji Furoda oleh Sapuhi diumumkan melalui surat pemberitahuan nomor 341.ADM/DPP/SAPUHI/VI/2022 yang diterbitkan di Jakarta, 2 Juli 2022. Surat tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi dan Sekretaris Jenderal Ihsan Fauzi Rahman. Baca juga: Syarat Wajib Zakat Emas dan Perak, Berikut Cara Menghitungnya “Keberangkatan Haji Konsorsium Sapuhi tahun 2022 dibatalkan,” tulis salah satu poin dalam surat tersebut, dikutip Kompas.com pada Minggu (3/7/2022). Syam Resfiadi menjelaskan, Sapuhi membatalkan keberangkatan 127 calon jemaah haji yang sedianya dijadwalkan mengikuti Haji Furoda. Lebih lanjut, dia memperkirakan secara keseluruhan terdapat sekitar 4.000 calon jemaah haji Indonesia yang batal berangkkat tahun ini. Dalam surat pemberitahuan yang ditujukan kepada para calon jemaah haji, dijelaskan bahwa pihaknya kesulitan mendapatkan Visa Haji Furoda atau Mujamalah untuk keberangkatan tahun 2022 ini.

Ketentuan pengembalian dana haji Furoda Bagi jemaah yang sudah melunasi dan tidak membatalkan serta tetap melanjutkan di tahun 2023, akan diberikan kompensasi hadiah umrah gratis pada periode November 2022, Januari – Maret 2023 di Konsorsium Umrah Sapuhi. Adapun bagi calon jemaah haji yang ingin membatalkan dan mengajukan pengembalian dana, ditentukan prosedur sebagai berikut: Jemaah haji mengajukan permohonan pengembalian setoran dana haji kepada Sekretariat Sapuhi. Sekretariat Sapuhi akan melakukan verifikasi dan validasi pembayaran jemaah dan permohonan pengembalian setoran dana Haji Furoda. Pengurus akan memvalidasi dan melakukan transfer dana pengembalian setoran kepada jemaah atau melalui travel agent. Seluruh tahapan pengembalian setoran dana haji ini diperkirakan membutuhkan waktu 3 hari kerja sejak permohonan diajukan. Sapuhi tidak mengenakan biaya denda atau pemotongan dana terhadap biaya hotel, manasik dan batik yang timbul atas kebijakan ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ratusan Jemaah Batal Berangkat Haji Furoda, Apa Uangnya Bisa Kembali?”, Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/07/03/105934226/ratusan-jemaah-batal-berangkat-haji-furoda-apa-uangnya-bisa-kembali?page=all.
Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Bagikan ini:

Posted in